Resep Ayam Geprek Yogyakarta Ngangenin

Resep Ayam Geprek Yogyakarta – Jika berkunjung ke Yogyakarta, selain gudeg, ada juga nih kuliner yang bisa anda coba. Seperti yang tengah naik daun di kota pelajar saat ini, Ayam Geprek Khas Yogyakarta. Ayam Geprek sejatinya merupakan sebutan untuk sajian ayam goreng yang dilapisi tepung dan kemudian di “geprek” atau dihancurkan dalam bahasa Indonesia. Menghancurkannya pun menggunakan uleg-kan dengan bumbu pedas ciri khas nusantara. Sensasi menyantap daging ayam yang terberai ini semakin menggoyang lidah jika dihidangkan bersama nasi hangat dan kawan-kawannya. Ingin tahu resepnya? Yuk simak!

resep ayam geprek jogja

Bahan Dasar Resep Ayam Geprek Yogyakarta :

  1. Daging ayam segar, boleh bagian paha atau dada
  2. 4 sdm perasan lemon atau jeruk nipis
  3. Bahan Tepung Bumbu:
  4. 250 gram tepung beras
  5. 1 siung bawang putih
  6. Satu ruas jahe dan kunyit
  7. Ketumbar secukupnya
  8. 2 butir kemiri
  9. Garam secukupnya

Bahan Sambel Ayam Geprek:

  • 5 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 10 butir cabe rawit atau sesuai selera
  • Gula dan garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Pengolahan Resep Ayam Geprek Jogja:

1. Cuci bersih daging ayam kemudian lumuri dengan perasan lemon atau jeruk nipis, sisihkan.

2. Buat tepung bumbu terlebih dulu. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, dan ketumbar bersamaan. Setelah benar-benar halus, tambahkan garam sesuai selera, campur rata.

3. Letakkan tepung beras ke dalam baskom, kemudian tambahkan bumbu halus yang telah disiapkan. Campurkan dengan sedikit air, usahakan adonan tepung tidak terlalu encer ataupun kental (mirip seperti membuat rempeyek).

4. Setelah tercampur rata adonan tepung, masukan daging ayam dan celupkan hingga terselimuti sempurna.

5. Panaskan minyak goreng diatas wajan dan goreng ayam yang telah dilumuri dengan tepung bumbu ke dalam minyak panas. Goreng hingga matang kecoklatan dan angkat.

6. Siapkan minyak secukupnya, goreng bahan sambal secara bersamaan dengan api kecil. Setelah matang, angkat dan haluskan sambal diatas cobek. Sementara untuk ayam yang telah matang, geprek (hancurkan) perlahan menggunakan uleg-an dan siramkan sambal pelengkap diatasnya. Ayam geprek khas kota pelajar, siap disajikan.

Simple cara pembuatannya bukan? Anda pun bisa sering-sering mencobanya dirumah. Bahan yang mudah dan proses yang tidak terlalu rumit membuat menu Ayam Geprek ini bisa menjadi pilihan makan siang anda dan keluarga. Nah, jika anda ingin lebih simple, pembuatan tepung bumbu juga bisa diganti dengan tepung siap saji yang banyak dijual dipasaran. Dengan begitu, akan lebih mudah lagi untuk dicoba ya resep ayam lezat satu ini! Semoga bermanfaat!

Resep Ayam Geprek Yogyakarta Ngangenin | Zaid Ibrahim | 4.5
Visit blogadda.com to discover Indian blogs